Senin, 30 Mei 2011

story PAPAH !!








Aku termenung d tempat istimewaku , ruangan kecil yang khusus untuk aku beristrahat dan melakukan kegiatan yang aku suka ,yaitu ONLINE..
ketika itu ku putar lagu mellow yang buat aku mengeluarkan butir-butir kecil yang membasahi pipiku..
Aku teringat , ucapan mamah yang selalu berkata aku punya papah ..
tapi aku bertanya bertanya di dalamhati , lalu dimana dia ??
penasaran ku semakin menjadi-jadi , ku slalu tanyakan hal itu . tp mamah ,nenek,tante,om tak ada yang mau menjawab pertanyaan ku .
Sampai pada suatu hari mungkin karna mamah sudah gerah dengan pertanyaan ku akhir nya dia menjawab dan berkata ,kalau papahku sudah wafat saat kandungan mamah 4bulan .
Disaat itu air mataku mengalir tanpa ku sadari ,aku tak bisa menahan tangis .
Orang yang selama ini aku tunggu kedatangan nya ternyata sudah meninggalkan ku untukselamanya.
Jadi selama 15th aku menunggu sia-sia , kalau yang d tunggu dia sudah tiada .
Aku slalu berkata itu dihadapan cermin . mungkin aku depresi berat tapi aku mau mneyalahkan siapa? Ini sudah takdir . aku gak mau menyalahkan mamah orang yang aku syaang dan satu-satu nya yang kku punya .
Mamah adalah segala-gala nyaa untuk ku ,karna Cuma dia yang aku punya . dia mau membesarkan ku sendiriselama 15th tanpa mencari pengganti yang baru , entah kenapa? Apa karna dia sudah terlalu cinta? Mungkin bisa,jawabku dalam hati.
Sampai akhir nya aku jalani semua nya dengan senyuman ,aku hanya bisa memberikan do’a untuknya. Karna aku tidak pernah tau wajah nya sekalipun. Fotopun mamah gak ada. Aku merasa canggung ,kalau memang cinta kenapa tidak ada kenangan sdikit pun.
Tapi aku coba menghiraukan nya.
Sampai akhir nya pada suatu hari saat  akku berkunjung ke rumah omah , aku d ajak om ku ke meubeul “ANNA” . meubeul terbesar di kotaku .
Saat tibanya disana , aku merasa nyaman . apa lagi oleh pemilik toko meubeul ini. Rasa nya aku gak mau pulang daritempat ini.
Entah kenapa aku pun bingung. Setelah Omku berbincang-bincang oleh pemilik toko ini , aku pun terpaksa pulang..
Sesampai dirumah  aku pun bercerita denan mamah.
“mah ,tadi ade (itu sebutan sayang keluargaku padaku) anter om ke toko meubeul ANNA di sana tuh ,trs aneh nya ade kok nyaman banget yah disitu. ”ucap aku
“ha?” jawab mamah dengan wajah kaget ,
“kenapa mah”ucap aku
“oh gpp de,yadah maem dulu”jawabmamah sambil kebingungan en gugup.
Semakin hari mamah semakin aneh tingakah nya semenjak aku bercerita aku pernah singgah ke tooko meubeul itu. Sebnar nya ada aapa ini??
hatiku dag-dig-dug..
Aku mencari tau hal itu sendiri ,aku terus mencari walau hasil nya nihil karna aku memang msih kecil msih sulit memecahkan sesuatu.

Sore itu aku kerumah om ku untuk service motor karna Om punya toko bengkel besar di dekat rumahku.
Saat aku mencari om ku ke ruang tamu rumahnya ,tanpa sengaja aku mendengar suara wanita yang memang aku hafal itu adalah suara mamahku.
Tanpa disengaja aku mendengar percakapan nya ,
“didi(nama omku) kamu ngpain aja si dede ke toko itu si?”
“maaf mba. Gak da maksud , aku gak sengaja. Tapi menurut aku seharus nya dede tau hal ini. Karna lambat laun smua akan terbongkar. Kasian dede , dia fikir papah nya orang yang dia tunggu2 udah meninggal , dan kita harus membohongiya tentang makam di belakang itu”ucap Om dg nada menasihati
“ia di , tapi ini bukan waktu yang tepat. Dia msih terlallu kecil ,mba mohon bantu mba” jwb mamah memelas
Aku yang mendengar percakapn itu langsung membalik badan dan tanpa tersadar meneteskan air mata,teryata semua orang termasuk ibuku telah membohongi hatiku.
Hatiku bercampur menjadisatu , marah , kesal ,benci , sedih ,terharu, dan senang karna org yang aku harapkan masih ada.

Sesampai di rumah , aku menangis diruang kecil yang aku namakan,small story yang berarty cerita kecil.
Mamah datang dia melihat ku menagis , menanyakan padaku.
“kenapa dede nangis”ucap mamah kwatir
Aku membalikan badan dan langsung membuang geggaman tangan mamahku.
“kamu kenapa de? Jwab mamah , mamah salah apa?” mamah ku antusias
Suasana semakin keruh ketika omku datang dan berkata , maafin om de soal percakapan mamah sama om.
Mamah ku terlihat bingung ,dan langsung menyadari bahwa aku mendengar pembicaran nya.
Mamah dudukdisampingku sambil membelairambutku , dia mulai bercerita tapa tersa mengeluarkan butiran-buiran halus dari pipinya.
“de, mafin mamah . bukan maksud mamah mau bohongin kamu. Mamah mau kamu tau hal ini nanti kalau kamu dewasa di saat kamu butuuh wali untuk menikah. De papah kamu masih hidup ,masih ada dia seorang pengusaha meubeul itu yang kmaren ade datengin. Mamah gak mau crta karna mamah rasa ini terlalu dalam de” air matanya semakin deras mengalir, aku peluk erat tubuhnya.
“de, disaat mamah hamil kamu usia kandungan4bulan papah kamu langsung menceraikan mamah dengan alsan dia sudah punya istritua yang tanpa sepengetahuan mamah. Papah kamu ninggalin mamah gtu aja. Mamah syok de,sempat mamah berfikir untuk membunuh bayi yang ada daalam kandungan. Tapi mamah sadar kamu gak salah ,yang salah dia. Maka dariitu mamah mau hidup sendiri tanpa belaian seorang lelaki demi kamu. dan mamah trauma de,sakit hatim mama” ucap mamah tersedu-sedu
Aku pun ikut terbwa suasana sedih dan menannngis , aku menangis d pelukan , belaian kasih syang nya.

seketika aku lupakan Hal itu , toh aku punya mamah yang menyanyangiku.
sekarang aku tau , siapa papah ku , dimana tinggal nya , dan bagaimana rupa nya .

dia tidak mengenal aku , karna mamah sengaja tidak bercerita pada papahku kalu saaat perceraian waktu itu mamah sedang mengandung. Karna mamah tidak mau belas dan mungkin cacian yang dia berikan !

setiap weekend sekolah ku coba ajak tante , atau Om ku untuk sekedar melihat dan mengintip DIA , papahku..

dari jauh kupandangi wajahnya ,kulihat ternyata sama .
dia memang papahku ,walau dengan cara iniaku bisa mengenal nya ,aku RELA .
karna ini pun sudah membuat ku bahagia .
dengan tetesan air mata di pipiku ,aku tersenyum melihat dia d seberang sana sedang duduk menawarkan produk penjualan nya kepada konsumen.
Om ku hanya bsa tersenyum sedih melihat aku seperti orang jahat yang mengintip dan seperti maling yang ingin mengintai sesuatu .
padahal aku adalah anak kandung nya yang hanya mau di BELAI di SAYANG dan di KASIHI .
mungkin rasa cinta dan kasih iniakan ku pendam dan ku simpan untuk nanti ..
bahagia slalu PAPAH jahat ku .
itu do’aku
J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar